Sunday 22 November 2015

5 pola efektif mendidik anak menurut Dr. Abu Al Hamd Rabee


 anak adalah buah hati yang sangat di sayangi. segala sesuatu kita usahakan adalah hal yang terbaik baginya. salah satu yang menjadi perhatian seorang ibu maupun bapak adalah pola asuh. pola asuh adalah sebuah alat yang memproses mereka. pola asuh kita akan menentukan bagaimana dan menjadi apa mereka kelak. untuk membantu para orang tua memilih pola asuh berikut kami bagikan 5 pola efektif mendidik anak.

pola asuh ini diambil dari  Kitab "Baitul Muslim Al Qudwah" karya Dr. Abu Al Hamd Rabee.  Dalam kitab tersebut, Al Ustadz Abu Al Hamd Rabee menjelaskan, ada 5 model yang efektif dalam mendidik anak.
  • Pertama, Model Qudwah
Mendidik anak akan efektif apabila ada contoh teladan yang nyata. Sulit bagi anak untuk jujur apabila orang tuanya mencontohkan kebohongan. Sulit bagi anak untuk rajin ibadah apabila orang tuanya tidak melaksanakan ibadah, sulit bagi anak untuk disiplin apabila orang tuanya tidak disiplkin.
Untuk itu orang tua harus menjadi contoh teladan dalam kebaikan bagi anak-anak. Dengan demikian anak bukan hanya mendapatkan
teori, namun sekaligus mendapatkan contoh nyata. ingat bahwa anak lebih banyak belajar dari apa yang mereka alami dan perhatikan. bukan dari ceramah atau himbauan kita.

  • Kedua, Model Pembiasaan
Pembiasaan yang dilakukan sejak kecil akan mampu menjadi pondasi kebaikan bagi anak hingga mereka dewasa. Biasakan anak-anak dengan perasaan diawasi dan dijaga oleh Allah agar mereka selalu berada dalam kebaikan dimanapun mereka berada. Biasakan anak-anak membenci dan menjauhi kemungkaran sejak kecil agar ketika dewasa mereka mudah menjauhinya. Biasakan anak-anak menjalankan ibadah sejak kecil agar mereka selalu menjadi ahli ibadah. Biasakan anak-anak mencintai Nabi Saw agar mereka selalu meneladani dan mengidolakan Nabi dalam kehidupan.
ketika anak sudah biasa mereka akan melakukan hal-hal tersebut dengan tanpa beban. bahkan akan menjadi kebutuhan mereka. ketika menjadi kebiasaan, akan membuat mereka tidak nyaman bila tidak melakukannya.
.
  • Ketiga, Model Kisah
Al Qur'an menyatakan bahwa kisah dapat meneguhkan hati dalam keimanan dan kebaikan (QS Hud : 120).
Sampaikan kisah-kisah teladan kepada anak-anak agar mereka menjadikan Nabi serta orang-orang salih sebagai panutan dan idola. Ajak anak-anak berdiskusi tentang kisah-kisah keteladanan utama agar mereka mengerti makna dan hikmah yang bisa diambil dari kisah tersebut. Jika anak-anak sudah bisa membaca, berikan buku-buku serta ensiklopedi tentang kisah para Nabi, kisah sahabat Nabi maupun kisah orang-orang salih.
Biasakan mereka membaca kisah kebaikan di setiap kesempatan yang mereka miliki. Agar waktu mereka optimal dalam kebaikan.kisah kebaikan akan menjadi sumber mereka belajar. mereka akan merasa mengalami cerita-cerita tersebut. dan pada akhirnya mereka belajar dari kisah tersebut.
  • Keempat, Model Memanfaatkan Momentum
Di antara model mendidik anak adalah dengan memanfaatkan momentum, peristiwa, atau kejadian yang dialami atau yang ada di sekitarnya. Ketika anak kehilangan mainan, misalnya, menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mengajarkan sikap ikhlas, hati-hati. Ketika ada seseorang meninggal dunia, kesempatan bagi orang tua untuk mengajak anak mengambil pelajaran dari peristiwa kematian. Demikian seterusnya, semua peristiwa dan kejadian selalu ada nilai pendidikannya jika kita mampu mengambil hikmahnya.pandai-pandailah mengmbil hikmah dari setiap momen-momen mereka dan mengajarkannya.
  • Kelima, Model Reward dan Punishment
Anak memerlukan pengakuan dan pujian atas kebaikan dan prestasi yang dilakukannya.
Orang tua harus seimbang dalam memberikan reward dan punishment kepada anak, karena keduanya diperlukan dalam mendidik dengan kadar yang tepat. Jangan hanya bisa menghukum kesalahan anak, namun juga harus bisa mengapresiasi kebaikan anak. ketika mereka merasakan susahnya bila berbuat salah dan enaknya berbuat baik, mereka akan mengerti untuk selalu berbuat baik agar hidupnya nyaman.

demikianlah kelima pola asuh yang baik dan efektif menurut Kitab "Baitul Muslim Al Qudwah" karya Dr. Abu Al Hamd Rabee. semoga bermanfaat bagi anda.
jangan lupa share bila menurut anda akan bermanfaat bagi orang banyak.

No comments:

Post a Comment