Saturday 21 November 2015

Jenis imunisasi dan masing-masing manfaatnya (bagian 1)




Setelah kita mengetahui tentang imunisasi dan serba-serbinya di artikel yang lalu, kini mari kita bahas manfaat dari masing-masing jenis imunisasi tersebut.


  • Vaksin hepatitis B

Imunisasi ini bertujuan untuk mengurangi kematian akibat komplikasi inveksi virus hepatitis B, mencegah kanker hati, dan sirosis atau gagal hati. Serta mencegah penularan penyakit hepatitis B terhadap orang lain. Imunisasi jenis ini diberikan dalam kurun waktu 12 jam setelah bayi lahir kedunia. Imunisasi ini otomatis akan menjadi imunisasi paling awal yang diterima anak. Vaksin hepatitis B yang beredar di Indonesia adalah hepatitis B uniject produsi biofarma. Dosis vaksinasi hepatitis B adalah 0,5 ml dan disuntikan secara intramuscular (disuntik kedalam otot).

  • Vaksin BCG

BCG adalah singkatan dari bacilli calmette-guerin. Manfaat dari vaksin ini adlah untuk mencegah berkembang biaknya dan meluasnya infeksi TBC. Penyakit TBC ini masih sering di jumpai di Indonesia. Imunisasi BCG diberika sebelum anak terinveksi
kuman TB alamiah. Apabila anak dicurigai telah terinveksi kuman TBC sebelum dilakukan vaksinasi BCG, maka hars dilakukan uji mantoux pada anak. Apabila hasil uji mantoux negative, maka anak diberi vaksinasi BCG.
Vaksin BCGynag digunakan diindonesia adalah yang berjenisBCG  kering. Vaksin tersebut diproduksi bio farma. Dosis vaksin BCG pada bayi adalaha 0,5 ml. cara menyuntikannya dengan disuntikan kedalam kulit sampai membentuk tonjolan kecil.
Vaksn yang disuntikkan tersebut akan menimbulkan benjolan kecil pada kulit, kemudian lama-lama akan hilang. Namun benjolan tersenut akan muncul lagi setelah 3 minggu sampai 2 bulan lamanya. Benjolan akan membesar lalu pecah dan akan meninggalkan koreng dan sembuh sendiri. Nah, bekas dari koreng tersebut akan berbekas seumur hidup.

  • Vaksin campak

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh mobilivirus. Pemberian vaksinasi campak menurut kemenkes adalah ketika bayi dalam usia 9 bulan dan 24 bulan. Namun menurut IDAI imunisasi campak diberika saat usia 15 bulan. Imunisasi diberikan dalam bentuk MMR. Dan mendapat booster pada saat usia 5-6 tahun.
Vaksin campak diproduksi juga oleh bio farma berupa campak kering. Sedangkan vaksin MMR adalah produk impor. Dosis vaksin campak adalah 0,5 ml dan disuntikan dibawah kulit.

No comments:

Post a Comment