Monday 30 November 2015

cara memberikan makanan bayi yang benar


pada anak, bayi maupun manusia pada umumnya makanan adalah sumber utama energi. memperhatikan segala sesuatu mengenai makanan yang di terima anak dan bayi sangatlah penting. semua aspek dari hal tersebut harus dilakukan dengan benar. mulai dari jenis makanannya, nilai gizi makanan tersebut, sumbernya, hingga cara memberikannya.
untuk hal yang disebutkan terakhir tersebut banyak orang tua melupakannya. banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat memberikan makanan kepada bayi maupun anak. sehingga proses memberikan makanan kepda bayi maupun anak tidak maksimal. akibatnya makanan yang diharapkan memberikan energi yang maksimal kepada bayi dan anak menjadi kurang maksimal.
lalu bagaimanakah cara memebrikan makanan yang benar kepada bayi atau anak?. berikut kami sajikan tips dan trik memberikan makanan kepada bayi dan anak yang benar. tips ini kami ambil dari http://id.theasianparent.com. berikut tipsnya :

  1. Ajak dan beritahukan bayi mengenai makanan dengan memperlihatkan makanan yang berada di sendoknya, agar bayi tahu apa yang hendak dimasukkan ke dalam mulutnya
  2. Beri kesempatan pada bayi untuk mencicipinya sedikit dari ujung sendok berisi makanan tersebut ke bibirnya.
  3. Lalu berikanlah kepada bayi jika bayi menyukainya, dengan menyentuhkan makanan ke bibir bawah bayi dan masukkan makanan dari dari sisi kiri atau kanan mulut bayi
  4. Buatlah suasana yang menyenangkan saat makan, ajak bayi makan sambil bermain sehingga bayi merasa nyaman.
  5. Jangan memaksa bayi untuk menghabiskan makanannya jika bayi sudah kenyang. Apalagi dengan memaksa membuka mulut bayi dengan paksa atau bahkan menjejalkan makanan ke mulut bayi. Hal tersebut akan menyebabkan bayi trauma dan kesulitan untuk makan.
  6. Jika bayi sudah dapat duduk sendiri, ajarkan ia makan dengan memegang sendok sendiri, mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulutnya sendiri. Hal ini akan meningkatkan latihan si Kecil sehingga akibatnya makanan menjadi blepotan. Tapi tetap berikan dukungan untuk bayi yang sedang belajar makan ini.
demikianlah trik dan tips bagaimana memberikan makanan kepda bayi dan anak yang benar. semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagi kepada teman anda lainnya. agar lebih banyak orang tua semakin cerdas seperti anda.

                        baca juga :

No comments:

Post a Comment