Sunday 20 December 2015

cara memperbanyak air asi yang baik


cara memperbanyak asi

 ASI adalah makanan utama seorang bayi. ASI mengandung elemen-elemn yang pas untuk perkembangan si buah hati. dengan asi dan imunisasi yang baik, anak terhindar dari penyakit. seperti demam dan penyakit lainnya.
Masalah yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI . karena keadaan  Tubuh setiap wanita berbeda-beda maka ada yang memiliki ASI berlimpah, ada pula yang ASI-nya sedikit pada beberapa hari pertama, bahkan beberapa minggu pertama.
Banyak sekali ibu yang tidak mengetahui cara memperbanyak ASI secara alami, sehingga suplemen yang kadang merusak  menjadi pilihan utama. sebenarnya tubuh wanita secara alami dapat memproduksi ASI untuk mencukupi kebutuhan bayinya. karena wanita memang di design untuk menghasilkan asi bagi nayimya. untuk itulah berikut ini kami bagi tips-tips memperbanyak asi yang baik dan benar.


membersihkan puting dan memberikan pijatan
cara memperbanyak asi
Salah satu cara memperbanyak ASI adalah dengan memijat payudara Pada trimester  ke-3, mulailah membersihkan puting susu agar jalan keluar ASI lancar.  Caranya, bersihkan dengan baby oil sebelum mandi. Lakukan sambil memilin-milin  puting  terutama pada lipatan-lipatan di ujung puting. Lakukan hal ini beberapa hari sekali. Sering-seringlah melakukan pijatan pada payudara dengan menggunakan baby oil

menyusiu setiap 2-3 jam

Bayi yang baru lahir membutuhkan susu setiap 2-3 jam, tanpa peduli siang atau  malam hari. Produksi ASI pada tubuh wanita mengikuti prinsip supply dan demand, artinya tubuh memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi.
Jadi, bila kita rutin menyusui setiap 2-3 jam sampai bayi kenyang, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut. Produksi ASI akan bertambah dalam waktu 3-7 hari sesuai intruksi tersebut.
Bila kita tidak konsisten dan jarang menyusui, produksi ASI pun akan berkurang. Habiskan satu payudara, baru pindah ke payudara lainnya.


memompa ASI
cara memperbanyak ASI
Memompa ASI harus setelah menyusui, bukan sebelum menyusui.
Memompa adalah salah satu cara memperbanyak ASI. Untuk ibu baru, mungkin ketrampilan menyusui belum cukup memadai. Kesalahan posisi menyusui dapat menyebabkan proses menyusui tidak efektif sehingga ASI tidak keluar dengan lancar.
Gunakan pompa setiap kali selesai menyusui. Jangan pedulikan berapa banyak ASI yang kita dapat, karena tujuan memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada payudara.
Selain itu, memompa dapat mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi sehingga payudara memproduksi ASI kembali untuk mengganti ASI yang sudah keluar.


Skin to skin contact

Skin to skin contact adalah momen paling membahagiakan
Bayi yang disusui dalam keadaan terlanjang mendapatkan kontak langsung ke kulit dada kita. Hal ini adalah salah satu cara memperbanyak ASI yang keluar.
Kedekatan emosi yang kita miliki dengan bayi, akan memerintahkan otak untuk memproduksi ASI lebih banyak. Beberapa negara yang mendukung program ibu menyusui menganjurkan skin to skin contact sebagai salah satu cara menyusui yang baik.

Kompres payudara

Bila payudara mengeras, kompreslah dengan handuk hangat

Bila payudara terasa keras, bayi tidak dapat menghisapnya. Kompreslah dengan handuk hangat beberapa menit, maka payudara akan melunak dan ASI dapat keluar lebih lancar.

demikianlah beberapa cara agar ASI anda banyak dan lancar. baca juga :

5 pola efektif mendidik anak menurut Dr. Abu Al Hamd Rabee 

CARA ALAMI KELUARKAN DAHAK BALITA

 memaksimalkan intelektual anak

No comments:

Post a Comment